Cerita Sore

Hiburan Gemesss

Berhubung keponakan asli aku (alias anaknya Mbak) rumahnya jauh di Kemayoran, jadi tiap hari aku mainan sama ponakan yang deket rumah. Yang tiap muncul bikin gemes (pengen gigit) karena ulahnya, tapi kalau sehari aja nggak muncul bikin kangen.

Namanya Naomi Ariqa Sakhi dan Farica Earlene Sofistika. FYI, mereka berdua pernah aku bikinin cerita saat Elin lahir. Nah, sekarang Elin udah gedean dikit, udah 6 bulan lebih. Foto di atas adalah foto terbaru dari kedua makhluk super duper ngegemesin. Gemes kan, pengen geragot! Tapi maaf yak fotonya ngeblur. Namanya juga bocah, belum ngerti kamera.

Selain kemiripan wajah, mereka berdua punya tingkah laku yang rada mirip dan berhasil menghiburku disaat penat (caileh).

1. Joget di depan Adeknya

Naomi itu kayaknya lebih bakat jadi artis deh ketimbang jadi anak sekolah. Kerjaannya yak, joged melulu. Mau ada lagu kek, enggak kek, atau dia lagi bersenandung sendiri, pasti ada unsur jogetnya. Terus udah gitu adeknya selalu ngelihatin sambil ketawa. Kalau abis Maghrib mereka main ke rumahku, pasti aku langsung ngajakin Naomi joget sambil nyanyi begini… “Elin udah mandi, tak tung twang tak tung twang.”

Dan adeknya ketawa geli banget, mungkin kita berdua ada bakat jadi penerus Sule.

2. Narik tangan Adeknya

Ini nih yang aku nggak suka. Kadang Naomi tuh suka narik-narik tangan adeknya sambil mondar mandir. Terus giliran aku larang sambil aku lindungin tangan adeknya, dia malah teriak gini… “Jangan tarik-tarik tangan Elin, tante. Nanti tangan Elin putusss.”

Lah, padahal dia sendiri yang suka narik tangan adeknya. Dasar kids zaman now!

3. Suka ngikutin youtube

Kayaknya bisa dipastikan 7 dari 10 anak kecil di dunia ini udah pernah nonton youtube. Dan Naomi termasuk di dalam 7 anak itu. Segala apaan tau tontonan bocah dia lihat. Kadang Bundanya kaget begitu mendapati kuota yang terkuras habis. Dia juga tau mainan kayak slime, squishy, lego, itu semua dari youtube. Serta dia minta dibeliin mainan-mainan lainnya yang ada di youtube. Tapi yang kocak tuh harus banget ya ngomong dengan gaya youtube? Pernah suatu sore Naomi minta dibikinin telor dadar sama Ibu. Eh pas Ibu udah mecahin telur dan bersiap ngaduk, dia langsung teriak gini… “Mbahhh, biar aku aja yang ngaduk.” Dia pun mengaduk setelah sebelumnya ngomong gini… “Hallo teman-teman, aku mau bikin telor goreng dulu ya…”

Dan Ibu cuma bengong, kemudian ngambil itu mangkuk yang berisi telur… “Udah ah Mbah aja yang ngaduk, kamu mah lama!”

4. Elin mulai minta gendong

Jadi… Karena Elin udah bertambah besar, dia mulai bisa membedakan nikmatnya digendong daripada digeletakin di kasur. Kalau ngajak dia main tuh, awalnya doang mau di atas kasur sambil ngegeragot mainannya. Lama kelamaan dia mulai manyun-manyun, nunjukin muka melas biar digendong. Tentu sebagai tante yang baik hati, aku pun langsung ngegendong dia. Dan dia pun nemplok terus. Tiap aku taruh bentar, dia nangis minta gendong lagi.

Gitu aja terus sampai Naomi nyeletuk… “Cupcup, dedek Elin jangan nangis yaaa.”

5. Main di rumah Naomi

Malam kalau Bundanya udah pulang kerja, aku suka nganterin Naomi biarpun rumah kita cuma berjarak 5 langkah. Atau kalau aku balik, terus lihat pintu rumah dia kebuka, biasanya aku langsung main sama dia. Susahnya adalah kalau dia lagi ngambek, aku nggak boleh masuk dan dia malah ngomong gini ke aku… “Tante, kamu dipanggil sama Akung tau. ‘Tanteeeeee, pulanggg’. Tuh kan dipanggil.” Aku antara mau ngakak sama mau jitak. Nih bocah belajar darimana dah, wkwkwk.

Tapi, giliran dia lagi suka ngajak aku main. Bisa sampai jam 10 malam lebih aku ditahan. Kalau udah gitu aku langsung ngomong gini aja…”Kak, aku disuruh balik sama Akung tau. ‘Tante diniii, pulang udah malem!’. Tuh kan,” kataku meniru Naomi.

“Kamu bohong, itu kan suara kamu…” sahut Naomi dengan bibir manyun.

***

Tapi biarpun Naomi begitu

Kalau ngomong kenceng, tiap masuk rumahku pasti ngebanting pintu (pokoknya pintu harus bunyi kenceng karena nabrak tembok), nggak bisa denger dangdut pasti dia joget, suka jahilin adeknya, dan suka ngeles melulu kalau disuruh ngerjain peer, dia itu pinter banget dalam menghafal. Untuk ukuran anak umur 4 tahun, aku bilang sih dia termasuk pinter. Contohnya dia bisa hafal lagu Sayang, Jaran Goyang, Zona Nyaman dan sederet lagu kekinian hanya dengan mendengarkan lagu tersebut sebanyak 3-5 kali. Biarpun liriknya nggak hafal banget, tapi dia udah bisa ngikutin kalau disetelin itu lagu.

Di sekolah paudnya, dia itu cepat banget hafal pelajaran asalkan dilaguin. Kayak belum lama ini, dia menghafal 10 nama Malaikat serta Rukun Iman, tapi dijadiin lagu gitu lho. Kayaknya emang efektif metode belajar buat anak paud kayak Naomi.

Dan juga dia orang yang sayang banget sama adeknya. Kalau abis salah gitu, pasti langsung cium-cium tangan adeknya sambil minta maaf. Cuma ya gitu, takut dia minta maafnya kekencengan aja sih, secara tangannya gede.

Ah, pokoknya seru lah punya keponakan deket rumah kayak mereka berdua ini. Rusuh sih, tapi bikin gemesss.

Advertisements

13 thoughts on “Hiburan Gemesss

  1. tante Dini, Naomi minta dibuatkan akun youtube ituh tandanya, tempat dokumentasi joget dan bicara2 ala reporter yg dikelola oleh tante Dini tapinya πŸ™‚

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s