Naik Gunung

Dieng: Pertama Kali Ikut Open Trip

IMG-20150524-WA0046

Adakah yang kangen sama cerita jalan-jalan atau naik gunung si Dini yang penuh drama??? Kalau ada, berarti kalian sama kayak Bulan.

Jadi beberapa minggu lalu Bulan whatsapp aku, yang isinya mengatakan kalau dia merasa kehilangan karena blog aku sekarang isinya nggak ada travelling-nya. Setelah aku cermati, iya juga sih, wkwkwk. Karena udah jarang jalan-jalan dan beberapa waktu ini lagi kehabisan ide (lebih tepatnya rada males nulis tentang travelling karena butuh ingatan super), jadi tulisan aku cuma berisikan curhatan nggak berfaedah. Kadang curhat, kadang baper, kadang galau, kadang sedih nggak jelas.

Read More

Naik Gunung

Pendakian Gunung Pulosari

IMG-20150226-WA0000

“Gunung Pulosari? Dimana tuh?”

“Itu… Di Pandeglang, masa nggak tau sih.”

“Lah, emang disana ada gunung ya? Bukannya cuma ada Pantai?”

Mungkin banyak yang akan bertanya seperti itu ketika mendengar nama Gunung Pulosari. Akupun begitu. Pertama kali mendengar dari teman kantor yang tinggal didaerah Serang. Saat mendengar itu, aku meminta ajak dan kami berencana mendaki kesana pada bulan Maret 2015.

Read More

Naik Gunung

Bertemu Lagi Dengan Semeru (Bagian 2)

20160504_075943[1].jpg

“Ih… itu gasnya berantakan!” omelku dengan mata setengah terpejam. Sewaktu membuka mata, aku melihat 2 gas tercecer di sebelah kanan dan itu membuatku jengkel. Dasar Amir gimana sih!

Sosok yang sedang bersiap mengambil gas itu terdiam, kemudian menatapku dengan pandangan seaneh mungkin.

Aku balik menatap dia. Kemudian aku mengucek mata dan… oh no! Aku salah orang!

Dengan gerakan spontan aku bangkit dan berdiri disebelah Hanum. Oke, kali ini rasa ngantukku udah hilang 100%.

Read More

Naik Gunung

Pendakian Gunung Ciremai Via Jalur Apuy

“Nih ya gue bilangin, kalau di gunung itu jangan sombong. Jangan pernah yang namanya menentang alam. Temen gue aja, yang udah berkali-kali ke gunung, bisa nyasar dan meninggal disana.”

Aku masih ingat perkataan Bang Ateng sore itu, didalam kereta Matarmaja yang mengantarkan kami dari Malang menuju Jakarta.

Bang Ateng merupakan salah satu pendaki senior yang tidak sengaja satu kereta dengan kami setelah pendakian Gunung Semeru. Tanpa ada jarak, kami semua saling berbincang meskipun baru mengenal satu sama lain. Dan perkataan Bang Ateng tadi muncul ketika Azmi berkata bahwa ia sering mendengar tentang harimau di Gunung Ciremai.

Read More

Naik Gunung

Cerita Tentang Gunung Papandayan (Desember 2015)

Happy Anniversary with WordPress.com!

Begitulah tulisan yang tertera pada notif begitu aku melihat layar komputer pada tanggal 21 Januari 2016. Yang artinya, blog ini udah berusia 1 tahun. Jadi ingat, awal mula blog ini terbentuk adalah… karena aku mau ikutan lomba menulis yang diadakan oleh Jalan Pendaki dan aku berhasil jadi salah satu pemenang *tebar bintang* 😀

Lalu, aku tersadar. Dalam waktu setahun, sebenarnya ada beberapa perjalanan yang aku lakukan. Tapi aku ini anaknya malas nulis! Dan hari ini dampaknya baru terasa. Blog udah berusia setahun, tapi cuma ada beberapa tulisan. Itu juga tulisannya dibuat mulai 2 bulan lalu, setelah vakum selama 11 bulan dan setelah aku melakukan perjalanan ke Kawah Ratu dalam rangka edisi ulang tahun.

Sedih juga ya 😥

Karena itu, aku berniat untuk segera menyelesaikan tulisan tentang Gunung Papandayan dibulan Desember 2015 seperti yang udah aku janjikan di tulisan sebelumnya.

Read More

Naik Gunung

Cerita Tentang Gunung Papandayan (Januari 2015)

Gunung Papandayan adalah gunung api strato yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Cisurupan. Gunung dengan ketinggian 2665 meter di atas permukaan laut itu terletak sekitar 70 km sebelah tenggara Kota Bandung. Pada Gunung Papandayan, terdapat beberapa kawah yang terkenal. Di antaranya Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Kawah-kawah tersebut mengeluarkan uap dari sisi dalamnya. Topografi di dalam kawasan curam, berbukit dan bergunung serta terdapat tebing yang terjal. Menurut kalisifikasi Schmidt dan Ferguson termasuk type iklim B, dengan curah hujan rata-rata 3.000 mm/thn, kelembaban udara 70 – 80 % dan temperatur 10 º C (Sumber dari Wikipedia).

Read More